Senin, 11 Juni 2012

Tahun baru (renungan)

apakah taun baru itu?
saya baru menemukan makna tahun baru yang sebenarnya, tahun baru yang sebenar-nya adalah tahun baru islam yang sesuwai dengan kalender hijriyah.
menurut hasil pemikranku alasanya karena kalender masehi yang banyak kita pake adalah kalender mati dan kaleder hijriyah adalah kalender hidup karena perbedaan hidup dan mati ini lah yg membedakan keduanya. saya kasih contoh kecil saja kenapa saya bisa blang begini, pertama kita lihat kalender masehi yang kita pake. Kalender masehi selama hidup kita ini apakah pernah melihat perubahan jumlah tanggal yang ada di bulan2 seperti januari, febuari dll berkurang atau bertambah?
sedangkan kalender hijriyah  bisa saya kasih contoh dari kehidupan kita sehari-hari, contoh yang paling gampang adalah hape kita yang sekarang banya mengunakan fitur pengatur waktu otomatis. Apakah saudara2Q tidak sadar kenapa ada fitur ini dan apa alasanya diciptakan fitur ini alasanya sudah tentu bahwa waktu itu bisa berubah.
mungkin saudara2Q mulai bigung, gini maksutnya jam 6 pagi tgl 5 dengan jam 6 pagi tgl 6 tidak lah sama. Apakah perlu bukti? kita bisa buktikan dengan cara yang simpel dan sepele kok, cara yang paling simpel dan cukup efektif untuk membuktikanya adalah dengan cara jam paku. jam paku ini mengunakan prinsip bahwa ketika matahri pas di tengah-tengah(vertikal) di atas adalah jam 12 pas dan tidak ada bayangan yang tampak. Jam paku ini sederhana kok pengunaan dan pembuatanya, langkah awal kita cari tempat yang luas dan sinar matahari tidak ada yang menghalangi kedatanganya. Yang kedua proses pembuatan jam paku  siapkan papan terserah berapa ukuranya terus papan yang sudah di siapkan tadi paku (posisi paku tegak lurus/vertikal tidak boleh bengko), taruh di tempat yng terbuka tadi setelah ini tunggu jam 12 kalo benar2 jam dua belas maka paku itu tidak akan ada bayanganya, tapi jagan lupa sebelum mencoba pembuktian ini siapkan jam dinding atau jam apa saja boleh. Cara kerjanya gini, kita ambil saja contoh sekarang tgl 5 dan kita kan melakukan pembuktian ini setelah jam paku di taru di tempat terbuka kita tunggu sampe tidak ada bayangan sama sekalih karena pada saat itulah jam 12 nah setalah itu qt cocokan dengan jam yang sudah kita siapkan jika jam yang kita siapkan itu tidak cocok dengan jam paku maka jam yang qt siapkan di ubah seperti jam paku (jam 12 pas). Setalah itu kita buktikan pada tanggal 6 dengan cara yang sama sperti tanggal 5, pada tanggal 6 ini kita lita jam paku apakah cocok dengan jam yng kita siapkan yg pada tangal 5 sudah di cocokan dengan jam paku.

cukup segini dulu penjelasanya, lain waktu akan saya jelaskan lagi karena saya suda capek mengetik dan mingkir dikit sh!hehe....

-------------------------------------------------------------------------------------------------
tapi kalo para saudaraQ tidak mau menugu penjelasnku dan mau memikirkanya sendir, akan saya kasih gambaran sedikit. sbenarnya  ini ada hubunganya denga kalender hijriyah yang saya angap kalender hidup, para saudar2Q bisa membuktikanya dengan cara awal kita puasa dan hari raya idul fitri, karena ini pembutiaan yang paling gampang.
semoga para saudar2Q bisa menemukanya karena ini ada hubunganya dengan jam paku kok, bisa di bilang pembuktian lanjutan.

m4f jika salah dalam penulisan dan salah dlm kata2...
saya yakin tulisan ini tdk sempurna maka dari itu sudi kiranya para saudara2Q memaafkan kesalahan saya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar